Selasa, 20 Agustus 2013

Cara mengganti oli sepeda motor yang aman dan benar

Halo brother biker.. :D kali ini saya mau berbagi tentang cara mengganti oli sendiri pada sepeda motor. kelihatannya sepele, walaupun ini termasuk ketrampilan dasar mekanik yang harus dimiliki soleh seorang biker, seperti yang saya tuliskan disini , namun ternyata tidak semua biker berani dan mau mengganti oli sepeda motornya sendiri, bahkan juga tidak semua blogger R2 bisa melakukannya :D Berikut langkah-langkahnya :
1. Siapkan Oli baru dan peralatan untuk mengganti oli diantaranya
-Kunci sok/kunci pas/kunci ring sesuai ukuran tutup oli bagian bawah sepeda motor anda (untuk motor batangan biasanya ukurannya 19),
-Tang untuk membuka tutup oli bagian atas,
-wadah penampung oli bekas (bisa pakai bekas kaleng biskuit, ember bekas dll)
-Kain lap/kain gombal kalau ada yang bersih :D
-Corong untuk menuang oli.. kalau nggak ada bisa pake botol aqua bekas yang dipotong jadi dua, atau bisa juga pake plastik yang digulung mengerucut :D
2. Letakkan wadah penampung oli bekas tepat dibawah tutup oli bawah dan Posisikan anda jongkok disebelah kiri motor untuk membuka tutup oli bagian bawah. masukan kunci ketutup oli bawah dan tekan dari kanan kekiri :D
3. Setelah tutup oli bawah terbuka dan jatuh dipenampung oli, ambil tutup olinya (jangan takut kotor :D ) kemudian bersihkan dengan kain lap beserta komponen pendukungnya dan pinggiran lubang tutup oli bawahnya:D

4. Setelah itu, masukkan kembali tutup oli bagian bawah dengan tangan dulu, setelah masuk baru dikencangkan dengan kunci. Arah mengencangkannya dari kiri kekanan :D

5.Setelah tutup oli bagian bawah terpasang (pastikan terpasang dengan kencang!), buka tutp oli bagian atas dengan menggunakan tang yang dilapisi kain. dan tuangkan olinya :D tutup kembali tutup olinya…. selesai dah.. :D   Nyalakan mesin motornya…rasakan sensasi suara mesin yang baru diganti olinya :D
Note : Jangan panik bila setelah anda menyalakan mesin dan tiba-tiba ada asap mengepul dari bagian bawah motor, asap itu berasal dari oli yang tercecer dipermukaan leher knalpot yang menguap karena panas :D
Semoga berguna dan silahkan dicoba :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar