Selasa, 20 Agustus 2013

Prinsip Liquid Cooled motor

Memang tak semua motor memakai pendingin cairan (liquid cooled), namun kebanyakan motor kelas menengah keatas, atau yang mengusung teknologi baru, atau yang bermain RPM tinggi dan menuntut performa optimal biasanya memakai sistem ini..cmiiw
Apa sih kelebihan liquid cooled dibanding sistem pendinginan yang lain?
Seperti kita ketahui, didalam silinder mesin terjadi suatu mekanisme pembakaran yang menghasilkan energi sekaligus gas buang. Nah lazimnya dalam suatu proses pembakaran, mesti menghasilkan panas.. Panas yang tidak diperlukan inilah yang harus diturunkan.. cmiiw
Kalau dalam sistem pendinginan paling sederhana, blok mesin hanya di hembus dengan angin dan supaya penguapan panas lebih maksimal maka permukaan blok mesin ditambah kisi-kisi yang prinsipnya memperluas area yang melepaskan panas. (semakin luas area kan semakin banyak yang dihembus angin, dan akhirnya semakin cepat dingin ).
Ini dapat diibaratkan dengan secangkir kopi panas, bila dibiarkan saja maka dinginnya lumayan lama karena perluasannya hanya sesempit bibir cangkir. Namun bila kita menuangnya kedalam piring kecil (lepek), dinginnya jauh lebih cepat sebab area penguapan kopi panas tersebut seluas permukaan piring..

Lha kenapa berbentuk kisi-kisi ? imho, kalau nggak dirupakan kisi dapat dibayangkan luasnya pemukaan yang diperlukan. Misalkan kita punya 1m persegi aluminium, masak kita pasang di motor, tentunya tidak praktis.. kalau kita potong-potong 10 senti-an kemudian kita tumpuk 10 kali dg jarak 1 cm, maka bentuknya kan tinggal 1m x 10 cm , jauh lebih praktis namun luasan totalnya tetap cmiiw.  jadi tujuan kisi adalah agar lebih Compact namun luasan tetap.
Pendingin oli ? cmiiw olinya dialirkan (atau dipompa) ke radiator (yang menggantikan kisi2 blok mesin) kemudian dipaparkan ke angin, lalu oli dikembalikan ke mesin lagi. simpel ya? cmiiw. Sistem ini selangkah lebih maju dari pendingin sebelumnya (udara). Sistem pendingin ini kurang umum (lebih jarang dipakai)..

Imho, sistem liquid cooled adalah sistem pendinginan terbaik pada sepeda motor (untuk saat ini) cmiiw. Sistem ini lebih efisien dalam menurunkan temperatur mesin dibanding sistem lainnya (oil atau air cooled). Prinsip pendinginan sistem ini pun lumayan sederhana. Lihat gambar dibawah ini :

Bolehkah sistem itu saya bagi jadi 3 bagian agar menyederhanakan penjelasan?. 3 Bagian itu adalah Radiator, Pompa dan Celah pada Silinder Head. Prinsipnya simpel : dalam silinder head ada suatu celah (jacket) yang berisi cairan yang menyerap panas dari silinder head. Cairan yang panas ini (warna merah) dialirkan ke Radiator untuk mendapatkan penguapan maksimal. Setelah melewati Radiator, cairan ini menjadi dingin (warna biru) yang kemudian dialirkan kembali ke mesin oleh impeller pompa.
Ada pula katup bypass, yang berfungsi mem-bypass cairan coolant saat mesin dingin sehingga untuk memanaskan mesin waktunya lebih singkat. Ini dimaksudkan untuk mendapat temperatur optimal..

Katup tersebut dihubungkan dengan thermostat (pelat yg melengkung jika kena panas, simpelnya :) ). Jadi bila suhu naik, thermostat melengkung, dan ada mekanisme yg dihubungkan padanya untuk menutup katup bypass. cmiiw. Kipas tambahan dapat dipasang dibelakang radiator untuk menambah debit udara yang mendinginkan coolant, ketika temperatur melebihi nilai optimum.
Reservoir untuk apa ? kalau merujuk gambar diatas, fungsinya adalah bila suhu mesin sudah panas, maka ada suatu katup (pressure valve) yang mengalirkan campuran udara dan uap ke reservoir. Saat suhu mesin normal kembali, suatu katub yang yang lain (vacuum valve) mengalirkan cairan coolant dalam reservoir menuju radiator (bila level cairan dalam radiator turun )  cmiiw.
Referensi : iamabiker, dansmc.
Ringkasan saya :
Singkatnya, sistem liquid cooled itu prinsipnya gini :
“Panas dari silinder head diserap oleh cairan coolant, kemudian dipaparkan ke Radiator untuk mendapat penguapan panas yang optimal, kemudian coolant yang telah dingin dialirkan kembali ke mesin oleh pompa. “

Sedangkan 3 katup (valve)  yg penting pada liquid cooled system adalah :
- Bypass valve : mem-bypass jalur pendinginan agar mesin mencapai panas optimal.
- Pressure Valve : mengalirkan campuran udara dan uap ke reservoir.
- Vacuum valve : mengalirkan coolant ke radiator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar